Resensi Buku Metropop : RESIGN!



Jujur, awalnya saya tidak tertarik sama sekali dengan buku ini, waktu ke gramedia kemarin teman saya yang kerja disana nawarin buku ini, katanya bagus, cuma Vanda belagu. Berdalih bilang : ah gak seru, penulisnya gak kenal gitu gue, siapa coba Almira Bastari?. Dia cuma bilang : yaudah, jangan nyesel loh, nanti kalau lo ternyata suka, SALIM sama gue! Dan malam ini karena ada jadwal ke gramedia untuk “nebus” Perahu Kertas-nya Sapardi Djoko Damono, saya memutuskan untuk salim ke teman saya ini, KARENA SAYA SUKA BANGET CERITA RESIGN!!!!!!!

Kenapa saya akhirnya memutuskan beli buku ini? Karena review positif dari berbagai teman-teman baik di Instagram, blog sampai group whatsapp yang HEBOH banget ceritain cungpret. Untungnya, ada discount 90% playbooks dan saya beli seharga 4.000 rupiah berapa perak gitu saya lupa. Dan ini menjadi EBOOK PERTAMA yang saya baca tuntas hanya hitungan jam.

RESIGN! Menurut kalian apa itu resign? Menurut para cungpret yang terdiri dari Alnarita, Carlo, Andre dan Karenina, resign adalah kata WAJIB mengingat bos mereka yang sombong, arogan, suka memerintah, suka merevisi, gila kerja dan gila deadline, yang masih muda, bernama Tigran. Untuk ukuran bos muda, Tigran dari tampilan luar adalah idaman para wanita, pekerja keras, tampan, bertubuh bagus dan cool! Namun, jika kalian adalah anak buahnya, kepribadian luar itu langsung dibuang jauh-jauh.

Dijadikanlah kompetisi untuk para cungpret “siapa yang duluan resign” dan motivasinya adalah : yang terakhir resign harus traktir makan dan traktirnya itu di tempat yang mahal banget sampai mereka takut menjadi yang terakhir. Segala upaya mereka lakukan supaya bisa interview kerja, namun sayangnya, bos mereka yang instingnya LUAR BIASA itu selalu tahu segala gerak-gerik anak buahnya sampai setiap interview mereka dimanapun, mereka pasti gagal!

Lalu, siapa yang bakalan resign duluan dan siapa yang terakhir? Nah ini, mesti baca, karena endingnya plot twist abis!

Baca Resign! Membuat saya senyum-senyum gak karuan di atas kasur dan kalau ada adegan kode-kodean antara Tigran dan Alnarita, saya sampai tutup bantal, ini siapa yang digombalin, siapa yang deg-deg dan tersipu haha. Romantisme yang dibangun oleh penulis tidak dibuat-buat sehingga gak ada kesan lebay, hanya mengalir begitu saja. Untuk kisah keseharian Cungpret di kantor pun gk beda jauh sama keseharian setiap insan manusia di dunia perkantoran, yaitu : capek kerja, pengen resign ah! Atau duh masa si bos kemarin sama cewek di CGV Teras Kota, gilak siapa ya ceweknya?.

Isinya gossip perkantoran saat makan siang, keluhan kerja yang gak habis-habis, kesel dimarahin bos atau deadline yang luar biasa mepet. Jadi, penulis sebenarnya hanya mengambil tema yang biasa saja namun diolah dengan cerita yang ngocok perut dan bikin gemas. Saya juga suka judul setiap bab-babnya dan penggalan quotes-quotes di setiap pembuka bab, seperti :

Apa yang sudah kamu kerjakan sampai kamu merasa pantas mengajukan cuti?” – Bos Arogan

Gosip itu seperti energi – tidak mungkin dihilangkan, tapi dapat berpindah dan berubah bentuk” – Hukum Fisika Cungpret

Seburuk-buruknya bos, suatu saat ada baiknya juga, walaupun cuma setitik.” – The Cungpret yang sudah kenyang berkarier

So far, buku ini sangat amat menghibur, sangat malah! Tapi sayangnya, 286 halaman itu tidak cukup untuk saya. Saya ingin lebih banyak cerita tentang mereka dan tentu saja kisah Tigran dan Alnarita, semoga ada RESIGN! Yang kedua dan semoga juga di resign kedua pakai sudut pandang si bos arogan, karena di buku ini, tokoh aku adalah Alnarita. Ujungnya, saya sayang sama semua karakternya, mereka benar-benar karyawan yang fun dan support teman mereka abis-abisan. Akhir kata, buku ini sangat amat wajib dibaca buat kalian sebagai penghiburan ketika suasana kantor sedang suntuk, kalau tetap suntuk setelah baca, RESIGN aja! hehe


Judul Buku : Resign!
Penulis        : Almira Bastari
Penerbit       : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Hal  : 286 halaman
Peresensi     : Vanda Deosar

Comments

Popular Posts