Resensi Buku Filosopi Kopi



"Tahukah engkau bahwa cinta yang tersesat adalah pembuta dunia? sinarnya menyilaukan hingga kau terperangkap, dan hatimu menjadi sasaran sekalinya engkau tersekap. banyak garis batas memuai begitu engkau terbuai, dan dalam puja kau sedia seranhkan segalanya. kunci kecil itu kau anggap pemberian paling berharga" - Kunci Hati (1998) Hal. 49

Filosopi kopi adalah kumpulan cerpen dan prosa dari Dewi Lestari yang biasa dipanggil Dee dan kumpulan 18 cerpen tersebut terkumpul selama satu decade dari tahun 1995-2005. Banyak sekali kisah menarik di dalamnya, favorit saya adalah kisah pertama yang berjudul sama dengan bukunya dan terakhir sebagai penutup Rico de coro.

Dee adalah penulis yang unik, karena dalam kisah-kisahnya, banyak sudut pandang aneh-aneh yang bukan hanya seorang manusia. Ada sebuah kisah dimana memakai sudut pandang seekor kecoa, perjalinan cinta yang kuat karena sikat gigi dan perselingkuhan karena sepotong kue kuning.

Kisah Ben dan Jody yang menjadi favorit saya karena cerpen ini menarik, tentang dua anak manusia yang ingin mewujudkan mimpi dan mempunyai ambisi untuk menjadikan kedai kopinya laris dengan kopi terbaik yang pernah ada. Banyak pesan moral yang terdapat dalam kisah ini, untuk tidak terlalu sombong dan kekuatan untuk tidak pernah menyerah.

Kisah Rico de coro yang menceritakan kerajaan kecoa di dapur dan sang pangeran yang mencintai seorang gadis membuat saya “geli” dan geleng-geleng kepala sendiri. Kok bisa-bisanya Dee membuat manusia malah dukung kecoa dan merasa tidak jijik sampai lupa kalau Rico adalah seorang kecoa yang notabene kotor, hitam dan jelek?

Dari segala kebaikan dalam buku ini, sayangnya saya kurang suka dengan cover bukunya, kesan vintage yang ingin ditonjolkan malah terlihat seperti buku “using”, namun setiap pembaca pastinya paham betul untuk tidak men-judge buku lewat sampulnya, bukan?

So far, saya sangat menikmati setiap kata yang ditulis dan setiap kisah di dalamnya. Setiap kisah ini punya makna masing-masing dan kuat dalam artinya.

Judul                          : Filosofi Kopi
Penulis                       : Dewi “Dee” Lestari
      Penerbit                     : Trudee Books & GagasMedia
Jumlah Halaman      : 134 Halaman
Tahun Terbit             : 2006
      No. ISBN                   : 979-96257-3-4



Comments

Popular Posts