ULASAN FILM KNIVES OUT : FILM DETEKTIF BERTABUR BINTANG


Film Knives Out bisa dibilang menjadi film akhir tahun yang sukses. Dengan ambisius, Ryan Johnson (Star Wars) sang sutradara, memasukan berbagai bintang film kelas atas untuk mengisi peran-peran aneh di filmnya. Setelah sebelumnya Murder on The Orient Express anjlok di pasaran, nyatanya ini tak mengurungkan niat Ryan Johnson untuk tetap mengambil cerita yang sama, awalnya mungkin banyak pihak yang skeptis, namun semua berubah setelah setengah jam menikmati film. 

Ryan Johnson sendiri berkata bahwa film ini memang mengadaptasi dari "gaya klasik" Agatha Christie namun dibawa ke dunia modern, aneh, tapi sungguh, sangat asik! 

Sebuah keluarga Thrombey, tengah menikmati pesta ulang tahun ayah mereka, seorang penulis novel misteri terkenal, Harlan Thrombey (Christopher Plummer). Namun, esok harinya, pembantu mereka menemukan mayat ayahnya yang sudah mati di ruang studynya. Apakah ini kasus bunuh diri atau pembunuhan?. Setelah 1 minggu kematian ayahnya, detektif swasta yang bertindak sebagai konsultan polisi setempat Benoit Blanc (Daniel Craig), menguak kembali dan menginterogasi masing-masing dari anggota keluarga untuk menemukan fakta-fakta yang benar. 


1. Linda (Jamie Lee Curtis) anak pertama yang sukses membangun usahanya sendiri, dan tidak mau mengakui bahwa ayahnya yang menyokong dana awal
2. Morris (Don Johnson), suami dari Linda, ketahuan selingkuh oleh Harlan dan berkelahi pada hari ulang tahun Harlan
3. Ransom (Chris Evans) anak dari Linda yang tidak tahu diri dan selalu meminta uang dari orang tua dan kakeknya. Terlihat berkelahi dengan Harlan pada malam pesta ulang tahun, karena ia dihapus dari warisan
4. Joni (Toni Colette) menantu Harlan, yang bergantung pada keuangan Harlan untuk biaya sekolah anaknya. Pada siang hari ulang tahun, Harlan memutuskan untuk menghentikan dana menyokong Joni karena ketahuan menipu Harlan bertahun-tahun
5. Meg (Katherine Langford) anak dari Joni dan Neil (anak kedua Harlan) 
6. Walt (Michael Shannon) anak ketiga yang mengelola bisnis penerbitan ayahnya dan berkelahi dengan ayahnya karena ia dipecat dari bisnis penerbitan
7. Donna (Riki Lindhome) isteri dari Walt, dan mendukung seluruh kegiatan Walt
8. Jacob (Jaeden Lieberher) anak dari Walt-Donna yang gila politik dan wujud dari anak jaman milenial
9. Marta (Ana De Armas) pengasuh Harlan yang disayang oleh seluruh anggota keluarga, yang anehnya selalu muntah jika berbohong.

Kebohongan-kebohongan, membuat mereka menjadi tersangka. Namun uniknya dan yang bikin berbeda, setiap jalannya interogasi, penonton malah dikasih lihat kebenaran dari setiap kebohongan mereka. Kalau sudah diberitahu, lalu filmnya mau jadi apa? 

Ryan Johnson membuat film ini sebagai wadah dari penyuaraan pikirannya yang penuh satir. Walau dari awal penonton dibuat sudah bisa menebak, akhirnya pun penonton tetap terkagum-kagum, karena dugaannya salah! seperti kata Benoit Blanc, selalu ada donut dalam donut, dan selalu ada celah dalam sepotong donut. 

Banyak easter egg dalam film ini, contohnya kursi Game Of Thrones yang menjadi pusat ruang interogasi. Atau sebagai manusia jaman sekarang, kita bisa google apapun untuk mencari informasi. Dan tingkah Jacob Thrombey yang benar-benar menyuarakan pikiran dan perilaku anak jaman sekarang. Jadi, film ini akan membuat penonton keluar dari bioskop dengan ekspresi : gilak! film apaan ini! keren banget. Dan itu memang yang diinginkan oleh Ryan Johnson!!!

Comments

Popular Posts