RESENSI - Orang Berikut yang Kau Jumpai di Surga (The Next Person You Meet in Heaven)



“Cinta datang ketika kamu tidak mengharapkannya. Cinta datang ketika Anda paling membutuhkannya. Cinta datang ketika Anda siap menerimanya atau tidak bisa lagi menyangkalnya. "

15 tahun lalu, Mitch Albom berhasil membuat pembaca menangis lewat kisah Eddie dalam Meniti Bianglala, atau judul aslinya : The Five People You Meet In Heaven. Eddie adalah seorang petugasa pemeliharaan di wahana Rubi Pier dan bekerja disitu seumur hidupnya, pada ulang tahunnya ke-83, siapa sangka Eddie harus tewas ketika menolong seorang anak kecil bernama Annie karena kecelakaan wahana bianglala. Dalam perjalanannya menuju Surga, Eddie bertemu 5 orang yang mengubah pandangan tentang hidup, bahwa kehidupan manusia satu sama lain saling berkaitan.

Kematian Eddie mengubah hidup Annie, walau Annie selamat dari kecelakaan maut, Annie harus menjalani operasi akibat tangannya yang terlepas. Sepanjang hidupnya Annie merasa ia tidak pernah bahagia. Harus berpindah-pindah tempat bersama ibunya, tidak punya teman, berjuang untuk diterima lingkungannya, dan dihantui kecelakaan yang ia tidak bisa mengingatnya.

Pada suatu hari, Annie yang sekarang menjadi perawat bertemu kembali orang yang pernah ia cintai di sekolah dasar, Paulo. Paulo adalah satu-satunya teman dan orang yang ia cintai, menerima ia apa adanya, dan menganggap Annie orang yang keren. Mereka terpisahkan karena Paulo harus kembali ke Italia. Annie dan Paulo menikah pada akhirnya. Namun, saat malam pengantin mereka, Annie dan Paulo mengalami kecelakaan balon udara dan membuat Annie bertemu kembali dengan Eddie, salah satu dari 5 orang yang harus dijumpai Annie di alam baka.

“Tidak ada cerita yang berdiri sendiri. Kehidupan kita terhubung seperti benang di alat tenun, terjalin dengan cara yang tidak pernah kita sadari”

Sendu, indah, dan menggugah. Sekali lagi Mitch Albom membuktikan bahwa hidup itu selalu berkaitan antara satu orang dengan lainnya. Plot yang ditulis oleh Mitch Albom kali ini sungguh tidak terduga. Perjalanan Annie di alam baka mengungkap banyak rahasia yang selama ini ia pendam. Orang-orang yang ditemuinya masing-masing memberikan pelajaran berharga bagi Annie.

Orang pertama Annie berkata bahwa orang-orang yang akan ditemui Annie dalam perjalanannya akan mengajarkan Annie sesuatu yang ia tidak sadari dalam hidup, dan akan membantu Annie untuk memahami hal-hal yang selama ini ia alami. Sepanjang hidupnya, Annie selalu pikir bahwa Ia melakukan banyak-banyak kesalahan, padahal tidak. Dalam perjalannnya, banyak sekali air mata yang dikeluarkan Annie, dan juga pembaca, memahami bahwa hidup kita ini hanya setitik dari banyaknya hidup membuat kita merasa kecil. Mitch Albom membantu kita untuk memahami bahwa seluruh hal yang kita perbuat akan berdampak kepada yang lain.

Comments

Popular Posts