RESENSI - SELENA DAN NEBULA - TERE LIYE



“Selena, sebenarnya hidup ini hanya soal sudut pandang. Digeser sedikit saja cara kita memandangnya, kita bisa mengubah sesuatu yang menyebalkan menjadi sesuatu yang berbeda.” (halaman 45-46)

Sebenarnya, Selena dan Nebula terlebih dahulu sudah dikeluarkan dalam unedited version bentuk ebook oleh Tere Liye, namun, di Maret 2020 ini, Tere Liye lewat Gramedia Pustaka Utama mengeluarkan versi cetaknya langsung dalam waktu bersamaan. Selena dan Nebula adalah sekuel dari serial Bumi karya fiksi dari Tere Liye yang masih menceritakan 3 sekawan Raib, Seli dan Ali.

Dalam buku Selena, kita akan diajak berpetualang di klan Bulan, dan mengikuti kisah dalam sudut pandang Miss Selena, guru matematika di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi. Kisah dimulai dari masa kecil Selena sampai keseluruhan cerita yang menyinggung Selena di buku sebelumnya, dijelaskan dalam buku ini.

Jika kita sudah diperkenalkan dengan Klan Bulan pada buku-buku sebelumnya, di Selena ini, akan diperdalam, dipermanis dengan selera humor dari Tere Liye lewat karakter dan fenomena-femonema yang diangkat, sekaligus menceritakan apa yang terjadi di Indonesia.

Pada Nebula, pembaca akan diajak berpetualang lebih lanjut mengenai Selena dan kedua sahabatnya, disini persahabatan mereka diuji. Jika ingin membaca Nebula, pembaca harus membaca Selena, karena kedua buku ini tidak berdiri sendiri, harus dibaca secara bersamaan agar jalinan kisah Selena dan teman-temannya nyambung dan berurut.

“Kamu adalah teman terbaikku, SelenaKamu adalah saudaraku. Tidak ada yang boleh menyakitimu. Aku tidak akan pernah membiarkannya.” (halaman 350)

Bukan Tere Liye namanya, jika tidak mempunyai maksud dalam buku-bukunya. Dalam kedua buku ini, kita akan diajak berimajinasi dengan teknologi-teknologi canggih, namun, disinilah letak kebijaksanaannya. Jika di klan Bulan teknologi canggihnya dikedepankan, namun penduduknya terlalu tergantung dengan gadget dan sebagainya, berbeda dengan Klan Nebula, teknologi mereka sangat canggih, bahkan paling canggih, namun penduduknya tetap bijaksana dan penuh dengan kesederhanaan.

Walau buku ini sangat fiksi, namun buku ini tetap menonjolkan sosial budaya terlebih lagi pesan-pesan yang dapat diambil. Kisah keluarga dan persahabatannya kental sekali, sehingga membuat buku ini tetap menjadi serial fiksi terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan tidak kalah dari serial fantasi buku-buku impor.

Sekali lagi, Tere Liye tetap membuktikan bahwa ia tetap mumpuni untuk menciptakan cerita dan karakter yang sampai kapanpun akan dikenang oleh pembaca di Indonesia. Bukan hanya sekedar fiksi dan teknologi canggihnya, namun pendalaman karakter dan pengembangannya pun patut diacungi jempol.

Judul Buku                  : Selena dan Nebula
Tanggal rilis                : 16 Maret 2020
Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama
Penulis                        : Tere Liye
Harga                          : Rp. 85.000,-


Comments

Popular Posts