RESENSI - MATAHARI – ARTI PERSAHABATAN DARI SEBUAH PETUALANGAN

MATAHARI - INSTAGRAM @VANDEOSAR


Judul          : Matahari
Penulis       : Tere Liye
Penerbit     : Gramedia
Halaman    : 400
Cetakan     : Kelima, Agustus 2016
ISBN          : 978-602-03-3211-6


Namanya Ali, 15 tahun, kelas sepuluh. Jika saja orangtuanya mengizinkan, seharusnya dia sudah duduk di tingkat akhir ilmu fisika program doktor di universitas ternama. Ali tidak menyukai sekolahnya, guru-gurunya, teman-teman sekelasnya. Semua membosankan baginya.

Tapi sejak dia mengetahui ada yang aneh pada diriku dan Seli, teman sekelasnya, hidupnya yang membosankan berubah seru. Aku bisa menghilang, dan Seli bisa mengeluarkan petir.
Ali sendiri punya rahasia kecil. Dia bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke tempat-tempat menakjubkan.

Namanya Ali. Dia tahu sejak dulu dunia ini tidak sesederhana yang dilihat orang. Dan di atas segalanya, dia akhirnya tahu persahabatan adalah hal yang paling utama.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

6 bulan setelah “liburan” mereka di klan matahari, Raib, Ali dan Seli mendapat perintah untuk menjalani hidup “normal” di klan bumi, namun bukanlah mereka jika hanya berdiam saja. Raib dan Seli terus berlatih kekuatan mereka, berbeda dengan Seli yang bebas berlatih di rumah, karena ibunya pun bukan berasal dari klan bumi, Raib harus sembunyi-sembunyi. Sedangkan Ali, well Ali adalah Ali, melakukan beberapa eksperimen ajaib di rumahnya yang bak istana, dibekali “oleh-oleh” sebuah tabung perak kecil dari Av yang berisi berbagai macam pengetahuan dari klan-klan termasuk klan bintang yang dipercaya tidak ada.

Suatu malam dalam pertandingan final basket sekolah, Ali “diculik” oleh sebuah tabung, Raib dan Seli bergegas untuk menolong Ali yang ternyata Ali menculik dirinya sendiri dengan tabung buatan dan menamakannya ILY, untuk mengenang teman mereka yang tewas saat berperang (dijelaskan di buku Bulan).

“kenapa kamu memberinya nama ILY?”

“Satu, untuk mengenangnya. Dua, kapsul perak ini dibuat agar sama bisa diandalkannya seperti Ily, teman yang setia. Kapsul perak ini juga petarung yang hebat, bisa membela kita dari posisi sulit, seperti yang dilakukan Ily. Tetapi, hanya satu yang tidak dimilikinya seperti Ily....”

(Hal 65)

Yakin akan ada keberadaan klan bintang dan desakan yang tidak berhasil dari Ali untuk membujuk Raib menggunakan buku kehidupan, Ali membuat sebuah tabung perak yang dapat melindungi mereka dari berbagai macam serangan, dapat terbang dan tidak terlihat, memasang teknologi yang sangat maju dan dapat membawa perbekalan yang cukup untuk mereka bertiga. Kemudian, Ali mendesak Raib dan Seli untuk berpetualang ke klan bintang, melewati lorong-lorong dibawah permukaan bumi, jauh sekali di bawah permukaan bumi.

Semua persiapan sudah lengkap, hanya saja tinggal Raib yang belum meminta izin kepada orang tuanya, akhirnya dengan keberanian dan desakan yang datang terus-menerus dari Ali, Raib berani mengakui bahwa dia punya kekuatan menghilang dan akan berangkat ke klan bintang, diluar dugaan, orang tuanya menyetujui dan sudah tahu tentang kekuatan Raib. Akhirnya mereka bertiga berangkat, dan tentu saja petualangan mendebarkan menunggu di depan mereka.

Tidak ada Av atau Miss Selena kali ini, mereka bertemu dengan beberapa orang baru seperti Faar yang setua Av, Kaar dan Meer. Kemajuan teknologi klan bintang sungguh memukau, bayangkan saja pakaian mereka yang seperti kulit dan dapat menyesuaikan dengan kondisi apapun, tabung perak Ali yang sudah canggih pun kalah canggih dan keindahan Kota Zaramaraz yang membuat mereka takjub (saya juga takjub) dan matahari buatan atau kontrol dewan kota untuk menghadirkan hujan serta buku-buku tak kasat mata atau makanannya yang berupa bubur tetapi dapat disesuaikan rasanya melalui pikiran dari pemakannya.

Sejujurnya saya tak cocok dengan drama, karena kebanyakan Tere Liye menghadirkan buku-buku drama, hingga suatu saat teman saya menawarkan kisah baru ini. Bumi, Bulan dan Matahari membuat saya terpukau. Bagaimana mungkin penulis lokal dapat menulis sesuatu seperti buku-buku best seller International? Itulah Tere Liye, kejutannya sungguh luar biasa. Desain sampul Matahari terkesan menggambarkan keberanian petualang dengan merah menyala dan ditambah dengan 2 ular raksasa serta sebuah kapsul dan seekor kelelawar. Dengan 400 halaman dan bahasa mudah yang digunakan serta tokoh “Aku” dari sudut pandang Raib, membuat saya tidak kesulitan membacanya dan dapat berimajinasi dengan bebas, hanya saja ada beberapa kesalahan penulisan seperti Ily menjadi Ilo. Jika belum membaca 2 kisah sebelumnya, Matahari memang sedikit sulit dimengerti.

Hal-hal penting yang saya dapat dari buku matahari ini adalah persahabatan di atas segalanya, Ali yang egois (dulu) kini berubah menjadi seorang anak yang lebih mementingkan teman-temannya. Kejujuran pun paling utama, jika dulu Raib harus berbohong, kini dia berani jujur. Ketiga, ketamakan akan kekuasaan pun digambarkan secara jelas oleh Tere Liye. Buku ini memang menggambarkan ketiga anak sekolah, namun pembaca yang sudah dewasapun tetap dapat menikmati setiap katanya. Saya tak tahu bagaimana Tere Liye mendapat ide secemerlang ini, namun halaman demi halaman membuat saya terus takjub dan mondar-mandir membalik halaman. Banyak ilmu yang dapat diambil dari buku ini, dijelaskan panjang lebar oleh Ali dan saya sangat menikmati setiap prosesnya.


Overall, buku kali ini lebih baik dari kedua pendahulunya, karena banyak mengungkap misteri-misteri yang belum terungkap. Tak kalah dengan penulis Internasional, Tere Liye berhasil membuat Indonesia bangga dan menunjukan kalau Indonesiapun punya “trio” yang patut dipertimbangkan. Saya berharap novel ini dibuat ke layar lebar dan bisa maju ke ranah Internasional.

Comments

  1. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts