RESENSI - CAREER OF EVIL



Yeay, akhirnya buku ketiga seri Cormoran Strike muncul juga dan saya berkesempatan mendapatkan di peluncuran perdana di Indonesia. Setelah sukses menguak kasus model muda Lula Landry dan Owen Quine, kenyamanan Strike diganggu ketika Robin, sekretaris cantik yang bekerja dengannya dikirimi sepotong tungkai wanita beserta lirik lagu dari band cult era 70’an, Blue Oyster Cult yakni “Mistress of The Salmon Salt”.

Mengingat lagunya, Strike berpikir akan 4 orang dari masa lalunya yang mungkin sanggup melakukan hal keji seperti ini. Whittaker, suami ibunya yang menurut Strike juga yang membunuh ibunya, Brockbank teman dari Divisinya dulu saat di militer, Donald Laing, orang yang tidak normal dan cukup gila ketika mensiksa istrinya dan terakhir Digger Malley, orang yang suka memotong bagian-bagian korbannya dan semuanya dijatuhi hukuman karena Strike. Dengan munculnya pemberitaan kiriman tungkai ke media massa membuat Strike kehilangan banyak klien dan merasa lebih protektif akan Robin. Penyelidikan Strike hanya berfokus kepada 3 tersangka sedangkan kepolisian kepada tersangka satunya yang menurut Strike kemungkinannya paling kecil.

Berbekal dengan pengalaman dan menghubungi seluruh temannya, Strike pergi ke berbagai kota bahkan Skotlandia untuk menguak siapakah pengirim tungkai tersebut dan siapakah pemilik dari tungkai itu. Penyelidikan ini pun akhirnya mengungkap bukan hanya pembunuhnya tetapi masa lalu mereka berdua dan sebenarnya bagaimana perasaan mereka terhadap masing-masing.

Berbeda dengan kedua buku sebelumnya, di buku ini pun dimasukkan perspektif dari pembunuh yang membuat pembaca berpikir “apakah memang setiap pembunuh berpikir seperti layaknya binatang? Apakah memang mereka sekeji itu?”. Kali ini, Robert Galbraith (JK. Rowling) tampil dengan lebih “dark” dan 12 bulan sudah waktu yang dihabiskan dia menulis cerita Career Of Evil ini. Dengan kesan yang lebih mengancam juga membuat penulis tak tidur dan sering ketakutan di malam hari karena kisah yang ditulis.

Bukan Cuma tungkai, pembunuh pun senang mengumpulkan potongan jari, payudara dan bagian tubuh lainnya untuk disimpan di kulkas. OBSESI, itulah yang ingin digambarkan di dalam buku ini. Buku setebal 552 halaman ini akan terus membuat pembaca duduk terdiam untuk berjuang bersama Strike dan Robin sampai akhir. Ending yang menggantung semakin membuat penasaran bagaimana akhirnya kisah hubungan Strike dan Robin, sepertinya penulis sengaja membuat para pembaca untuk menunggu bagaimana kelanjutan kisah detektif partikelir ini di buku keempat nantinya.

Rating 4/5

JUDUL : CAREER OF EVIL – TITIAN KEJAHATAN
PENERBIT : GM
PENULIS : ROBERT GALBRAITH
ISBN : 978-602-03-2636-8
HALAMAN : 552 HALAMAN, 23 CM
PENERJEMAH : SISKA YUANITA


Comments

Popular Posts