RESENSI - HEART TALK - KEARIFAN UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK


- RESENSI INI TERBIT DI KORAN JAKARTA PADA 02 NOVEMBER 2018 -



Kita lebih baik daripada yang kita pikirkan, cukup mencitai diri untuk mengenal diri sendiri. Bersyukur adalah cara spiritual dan ekonomis untuk meredakan stres.

Badan kesehatan dunia (WHO) memperkirakan bahwa setiap 40 detik, seseorang di dunia mengakhiri hidupnya. Angka ini setara dengan 800.000 jiwa setiap tahunnya yang kehilangan nyawa akibat bunuh diri. Bagaimanakah mencegahnya? Bagaimana cara membentengi diri, keluarga dan orang terdekat kita agar jauh dari bunuh diri? Mungkin, salah satunya adalah dengan membaca buku yang menyadari bahwa kekuatan pikiran itu perlu.

Dalam buku ini, berjudul Heart Talk : Kearifan Puitis Untuk Kehidupan yang lebih baik, Cleo Wade mengajak para pembaca untuk menyelami jiwa dan bersahabat dengan diri sendiri. Cleo Wade adalah seorang seniman, penyair dan bekerja untuk mempromosikan dunia yang lebih damai dan penuh kasih, ia mengungkapkan semuanya melalui puisi, cerita, karya seni, dan media sosialnya yang menyemangati jiwa.

Setiap manusia terlalu puas dan merasa bangga jika berhasil menyoraki, mendukung, dan memberi nasihat bijak untuk para sahabat-sahabat mereka. Tetapi bagaimana dengan menjadi sahabat bagi diri kita sendiri? Apakah kita bisa menjadi cermin untuk diri sendiri dan memberi nasihat kepada diri sendiri dalam situasi yang sulit? Apakah kita bisa menyoraki diri sendiri ketika kita mengambil risiko? (Hal. 88). Tidak banyak manusia dapat melakukannya, dan banyak pula manusia yang lupa.

Selain berisi pikiran-pikiran dan quotes, dalam bukunya, Cleo Wade juga menyelipkan beberapa puisi-puisi tentang kehidupan, ketakutan dan cinta. Hidup tidak selalu memberi jalan yang mudah. Hidup tidak selalu memperbolehkan kita berada di kerangka pikir yang tepat untuk selalu melakukan hal yang tepat di saat yang tepat. Mengetahui semua ini adalah sebagai pengingat bahwa kita manusia. (Hal. 53). Cukup cintai dirimu sendiri, cukup katakan kepada dirimu bahwa tidak apa-apa jika kamu takut, karena kamu tahu bahwa kamu dapat menghadapinya, sebesar apapun rintangannya.

Perbolehkanlah hari ini untuk tidak takut. Seperti apakah harimu tanpa takut? Apa kata-kata yang kau tahan karena takut? Apa impian yang tidak kau wujudkan karena takut? Bebaskan dirimu dari ketakutan itu. Beri kesempatan kepada dirimu untuk melihat apa yang sebenarnya bisa kaulakukan.

Salah satu cara utama untuk menunjukkan cinta kepada diri kita sendiri adalah mengitari diri dengan orang-orang yang mencintai. Ketika mencintai diri kita, kita menghormati ruang keramat yang kita huni di dunia. Kita mengenali bahwa orang yang menyedot energi kita, merendahkan kita, membuat kita merasa kecil, atau tidak sayang pada kita tidaklah berhak mendapatkan waktu kita. (hal. 155).

Pada akhirnya, ketahuilah bahwa kau berharga. Ketahuilah bahwa kau pantas. Ketahuilah bahwa kau langka. Dan dunia ini membutuhkan lebih banyak pemandu sorak, dan mulailah dengan menjadi pemandu sorak untuk diri kita sendiri. Apapun yang terjadi, ketahuilah kita selalu pantas mendapatkan cinta.

Jika kau mempunyai penyakit hati, selalu berpikiran negatif, selalu merasa rendah diri, memiliki ketakutan-ketakutan yang tak beralasan atau bahkan tidak pernah bisa bicara di depan umum, mungkin kau membutuhkan buku ini, buku ini bukan hanya sekedar tulisan 212 halaman, tetapi buku ini mendengar isi hatimu paling dalam. Semangat selalu dalam menebar kebaikan.

Buku               : Heart Tak – Kearifan Puitis untuk Kehidupan yang Lebih Baik
Penulis             : Cleo Wade
Editor              : Susi Purwoko
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal               : 212 halaman
Cetakan           : 1, 2018

ISBN               :978-602-03-8753-6

Comments

Popular Posts