MEMBACA THE CHRONICLES OF NARNIA SECARA PENERBITAN ATAU ALUR CERITA?



The Chronicles of Narnia adalah sebuah buku anak-anak yang dikarang oleh CS. Lewis pada tahun 1950an, terdiri dari 7 buku menceritakan petualangan anak-anak Adam dan Hawa di dunia Narnia. Narnia sendiri terbit secara acak, dan disini saya akan tulis alur agar cerita berurutan dan mudah untuk dipahami.

Buku-buku Narnia mengandung mitologi Yunani, Romawi dan dongeng Inggris yang sudah banyak di adaptasi ke dalam berbagai bentuk seperti radio, televisi dan film. Saya pernah menuliskan buku panduan dalam mengenal dunia Narnia (disini).

URUTAN MENURUT PENERBITAN :

1.  Sang Singa, Sang Penyihir dan Lemari (1950)
2. Pangeran Caspian (1951)
3. Petualangan Dawn Treader (1952)
4. Kursi Perak (1953)
5. Kuda dan Anak Manusia (1954)
6. Keponakan Penyihir (1955)
7. Pertempuran Terakhir (1956)

ADAPUN URUTAN DALAM CERITA :

1. Keponakan Penyihir (1955)
Menceritakan awal mula pembentukan Narnia, siapa itu Jadis (penyihir putih), masuknya manusia ke dalam dunia Narnia.

2. Sang Singa, Sang Penyihir dan Lemari (1950)
Anak-anak Pavensie yang diramal akan menjadi raja dan ratu Narnia mengalahkan penyihir putih dan menyelamatkan dunia Narnia dari dinginnya es.

3. Kuda dan Anak Manusia (1954)
Alur waktu ini saat anak-anak Pavensie sedang duduk di tahta mereka dan memimpin Narnia, sebelum dipulangkan Aslan ke Negeri Manusia. Petualangan seorang anak manusia bernama Shasta dan seekor kuda yang diakhiri dengan akhir yang mengejutkan.

4. Pangeran Caspian (1951)
Kembalinya anak-anak Pavensie ke dunia Narnia, dan membantu seorang pangeran dari kejamnya kepemimpinan di Dunia Narnia.

5. Petualangan Dawn Treader (1952)
Petualangan Caspian, dan beberapa anak Pavensie, serta sepupunya, Eustace mengarungi samudera untuk menemukan kembali 7 Lord yang hilang.

6. Kursi Perak (1953)
Petualangan Jill dan Eustace ke dunia Narnia untuk mencari pangeran yang hilang.

7. Pertempuran Terakhir (1956)
Kembalinya semua manusia yang pernah datang ke Narnia, termasuk raja dan ratu pertama Narnia untuk sekali lagi, perang melawan kepemimpinan Aslan palsu.

Membaca Narnia urutan penerbitan dan alur menurut saya pribadi sangat menyenangkan, keduanya menawarkan sesuatu yang berbeda. Saat membaca alur penerbitan, saya menjadi mengingat-mengingat dan berimajinasi lebih untuk menyambungkan cerita. Sedangkan, jika membaca melalui alur cerita, mendapatkan kesenangan karena semua cerita secara runut digambarkan dengan bagus.

Buku-buku Narnia ini terbit di Indonesia sekitar tahun 2005-an dan belum ada cetak ulang kembali. Buku-buku Narnia bukan hanya ditunjukan ke anak-anak, menurut saya pribadi, karena dibaca ulang pun ketika sudah dewasa tetap asik, apalagi, ada ilustrasi-ilustrasi menarik yang digambarkan untuk membantu pembaca memahami dunia Narnia.

Tunggu di blog ini ya untuk membaca secara rinci setiap bukunya!



Comments

Popular Posts