RESENSI - CONFESSIONS - PEMBALASAN DENDAM GURU JEPANG


- RESENSI INI TERBIT DI HARIAN SINGGALANG PADA 25 AGUSTUS 2019 - 



Dunia tempat kamu tinggal jauh lebih besar dari itu. Jika tempat di mana kamu menemukan dirimu terlalu menyakitkan, aku berkata kamu harus bebas untuk mencari tempat perlindungan lain yang tidak terlalu menyakitkan. Tidak ada rasa malu dalam mencari tempat yang aman. Saya ingin Anda percaya bahwa di suatu tempat di dunia yang luas ini ada tempat untuk Anda, tempat yang aman.” (Yuuko Moriguchi)

Sebuah karya sastra tidak terlepas dari pembahasan tentang kejadian  yang  ada  di  kehidupan  manusia  seperti  tingkah  lakunya  yang  unik  dan beragam,   maka   dari   itu   diperlukan   psikologi   untuk   mendalami   lebih   jauh. Kondisi  psikologis  manusia  dibagi  tiga,  yaitu id,  ego, dan superego.  Id terletak  pada  posisi  ketidaksadaran  (unconsciousness), merupakan insting   dasar   manusia,   sebuah   hasrat   atau   keinginan   manusia   yang   harus dipenuhi.  Kemudian ego terletak  pada  posisi  sadar  (consciousness),  merupakan pencari  jalan  untuk  memuaskan id, sedangkan superego yang  terletak  pada kondisi  pra-sadar  (preconscious) merupakan  pengatur  norma-norma agar ego dapat dibatasi. Ketiga psikologis ini harus berjalan seimbang, karena jika tidak, maka akan ada penyimpangan kejiwaan.

Dalam buku Confessions, Kanae Minato memperkenalkan tokohnya, seorang ibu muda tunggal yang bernama Yuuko Moriguchi, dan menderita gangguan kejiwaan destruksi melankolia, seseorang yang terkena melankolia akan berbuat apa saja untuk berbalas dendam agar seseorang yang menyakitinya mendapatkan perasaan yang sama dengan yang ia rasakan. Yuuko adalah seorang guru di SMP S, ia tidak bisa dibilang guru favorit, namun, keberadaannya disukai anak-anak muridnya. Karena seorang ibu tunggal, terkadang Yuuko membawa serta anaknya, Manami, ke sekolah. Di sekolah, terkadang murid-muridnya suka bermain dengan Manami. Suatu hari, Manami menghilang dan ditemukan sudah meninggal di kolam renang sekolah.

Kejadian ini membuat Yuuko terkejut dan bersedih sampai ia berhenti dari pekerjaannya. Tak lama kemudian, Yuuko menemukan fakta bahwa anaknya tidak meninggal karena kecelakaan, namun, dibunuh oleh kedua muridnya sendiri. Fakta demi fakta terungkap, dan Yuuko yang kehidupannya biasa-biasa saja dengan sifatnya yang baik, berubah menjadi seseorang yang pendendam dan mengusahakan segala cara untuk menghukum sendiri kedua murinya, bocah A dan bocah B.

Awal  mula  gelaja  dari melancholia adalah  rasa  duka  yang  mendalam karena hilangnya orang yang penting dalam hidupnya, Yuuko   telah   kehilangan   putri   semata wayangnya,   Manami.   Terdapat   perasaan   tidak   terima   dalam   dirinya   karena selama ini  dia  telah  membesarkan  putrinya  dengan  sepenuh  hati.  Hal  tersebut menunjukan bahwa pada akhirnya, Yuuko telah memasuki fase kedukaan dan berlanjut, Yuuko menjadi depresi, sedangkan depresi yang berkepanjangan adalah tidak wajar. Depresi inilah yang menggiring Yuuko mengidap  gangguan  jiwa melancholia.

Selain memaparkan kejiwaan Yuuko, penulis juga menjelaskan bagaimana kehidupan anak remaja di Jepang. Banyak hal terjadi, dan yang paling mempengaruhi adalah lingkungan keluarga dan sekolah. Guru di sekolah, sebagai orang tua kedua murid pun menjadi peran penting dalam pembentukan karakter. Faktanya, di Jepang, jika seorang murid tertimpa masalah, yang dipanggil untuk bertanggung jawabnya adalah gurunya.


Alur  dalam  novel Confessions ini  terbagi-bagi  dalam  banyak  sekuen  untuk mencapai   kesan   penuh   teka-teki   dalam   memecahkan   misteri   dan   mencari benang merah utamanya. Sudut pandang yang digunakan berbeda-beda, namun, tetap pada satu cerita dan satu konflik. Dengan kaver seorang perempuan yang duduk dengan misterius, Kanae Minato banyak mendapatkan berbagai penghargaan di Jepang. Buku ini layak dibaca untuk pembaca yang suka dengan psikologi atau misteri, sangat-sangat layak.

"Saya pikir kita orang biasa mungkin telah melupakan kebenaran dasar — ​​kita tidak benar-benar memiliki hak untuk menghakimi orang lain."

Buku               : Confessions
Penulis            : Minato Kanae
Editor              : Prisca Primasari
Penerbit           : Penerbit Haru
Tebal               : 309 halaman
Cetakan           : I, Agustus 2019
ISBN               : 978-602-53858-8-9
Harga              : Rp. 87.000,-
Peresensi         : Vanda Deosar

Comments

Popular Posts